READING

TETAP SEHAT DAN FIT DI TENGAH PANDEMI COVID-19

TETAP SEHAT DAN FIT DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Pola hidup sehat dan menjaga kondisi tubuh tetap fit perlu dijaga dan ditingkatkan di masa pandemi Covid-19. Kondisi imun yang melemah akan berdampak negatif bagi tubuh dan berpotensi terinfeksi oleh virus. Meski saat ini kegiatan bekerja dan lainnya lebih banyak dilakukan di rumah, bukan berarti abai terhadap kesehatan.

Berbagai cara dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat dan fit selama di rumah. Ungkapan latin mengatakan “mens sana in corpore sano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Karena itu, kapanpun dan dimanapun kita sempatkan diri tuk rajin berolahraga.

Pada edisi ini, majalah INSA News berkesempatan mewawancarai Country General Manager MSC Indonesia Dhany Novianto mengenai cara menjaga kondisi tetap sehat dan fit di tengah pandemi Covid-19.

Kepada INSA News Dhany bercerita semenjak adanya Covid-19 dirinya lebih banyak beraktivitas di rumah, mulai dari melakukan kegiatan bekerja hingga berolahraga. Pria yang telah menggeluti bidang pelayaran selama kurang lebih 30 tahun ini memang gemar berolahraga.

“Yang saya lakukan agar badan tetap fit, baik dalam situasi Covid-19 ataupun tidak, saya melakukan kegiatan berolahraga setiap hari/pagi kurang lebih 40 menit, saya lakukan di rumah tanpa harus keluar rumah,” kata Dhany di Jakarta.

Dhany yang juga merupakan Anggota Bidang Angkutan Petikemas Luar Negeri DPP INSA mengatakan, kegiatan olahraga yang biasa dilakukannya adalah bersepeda statis, sit up dan angkat beban yang masing-masing dilakukan selama 15 menit, dan 25 menit. Dijelaskannya, latihan angkat beban dilakukan sebanyak 600 ratus kali angkatan yang dibagi dalam tiga sesi. Kemudian sit up sebanyak 200 kali yang dibagi empat sesi.

“Semua itu dilakukan dengan gerakan yang cepat berepetisi dengan jeda 1-2 menit,” jelasnya.

Beragam manfaat dari berolahraga. Tidak hanya untuk kesehatan fisik, namun bermanfaat juga dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dan tentunya hal ini diimbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang.

UBAH GARASI JADI KANTOR

Foto: Dhany Novianto

Walaupun bekerja dari rumah, Dhany ingin tetap produktif. Tempat yang nyaman dan bebas dari gangguan menjadi hal penting baginya. Dhany pun mulai menelusuri satu per satu ruangan di rumahnya untuk dijadikan tempat bekerja. Diluar dugaan, garasi dipilihnya sebagai tempat kerja sehari-hari selama Work From Home (WFH).   

“Karena saya perlu privasi didalam bekerja dan perlu tempat yang enak buat kerja tanpa mengganggu dan diganggu oleh orang rumah, akhirnya saya putuskan garasi saya jadikan kantor/ruang kerja kedua saya,” tuturnya.

Menurut Dhany, bekerja di rumah lebih produktif dan lebih konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan dibandingkan di kantor serta bisa mengatur waktu lebih baik.

Lepas dari itu semua, Dhany merindukan akan banyak hal dan berharap pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga dapat kembali beraktivitas secara normal dan ekonomi kembali pulih.

“Yang membuat saya rindu di masa pandemi ini adalah, kegiatan bersosialisasi dengan partner bisnis, keluarga dan handai taulan, travelling juga, hangout juga dan golf,” pungkasnya. (*)

Foto: Dhany Novianto

Your email address will not be published. Required fields are marked *

insa logo INSA - Indonesian National Shipowners' Association
Jalan Taman Tanah Abang III No.10 RT.3/RW.3 Petojo Selatan
Jakarta
DKI Jakarta 10160
Phone: (021) 3850993 Maps. Exterior insa info 0
Arahan menuju lokasi INSA