READING

Walikota Dumai Gandeng INSA Kembangkan Potensi Mar...

Walikota Dumai Gandeng INSA Kembangkan Potensi Maritim

Jakarta, INSA – Kota Dumai, Provinsi Riau yang berada di pesisir pantai timur Pulau Sumatera memiliki potensi maritim yang cukup besar untuk dijadikan sumber ekonomi bagi pendapatan daerah dan juga nasional.

Walikota Dumai Zulkifli AS mengatakan lokasi Dumai cukup strategis berada di jalur pelayaran paling sibuk di Indonesia. Dengan begitu, Dumai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi dari bidang kelautan. Pelabuhan di Dumai pun berpotensi untuk mendukung program kemaritiman yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Zulkifli menuturkan Pemerintah Kota Dumai akan menjalin kerjasama dengan stakeholder bidang kemaritiman yakni Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) untuk menggali potensi maritim yang ada di Dumai khususnya di sektor pelayaran.

“Selain dukungan dari pemerintah pusat, kita juga minta dukungan dari INSA untuk menggali potensi maritim di Dumai,” kata Zulkifli saat berkunjung ke Kantor Sekretariat DPP INSA, Jl. Tanah Abang 3 No. 10, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2016).

Menurut Zulkifli, sumber daya manusia (sdm) dibidang maritim yang berkualitas sangat diperlukan mengingat posisi Dumai yang terletak di tepi pantai timur Pulau Sumatera dan memiliki pelabuhan yang cukup besar. Untuk menciptakan sdm yang berkualitas tersebut, maka dibutuhkan sekolah atau lembaga pendidikan pelayaran di Dumai.

“Kita meyakinkan pemerintah pusat bahwa kehadiran sekolah pelayaran di Dumai sudah sangat mendesak. Tentunya kita juga minta masukan dari INSA terkait hal ini,” ujarnya.

Sekretaris Umum INSA Budhi Halim merespon positif rencana Walikota Dumai menggandeng INSA untuk menggali potensi maritim di wilayah Dumai. Menurut Budhi Halim, pembangunan sekolah atau lembaga pendidikan pelayaran jangan terfokus di kota-kota besar, tetapi juga harus merata hingga kota-kota kecil.

“Mendirikan sekolah (pelayaran) menurut saya adalah ide yang baik,” ungkap Budhi.

Budhi mengungkapkan, alokasi dana subsidi yang digelontorkan pemerintah pusat untuk program tol laut sebaiknya dikucurkan juga ke pemerintah daerah untuk pengembangan potensi maritim daerah dan sumber daya manusia.

Budhi menambahkan penjajakan kerjasama ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah kota dengan stakeholder untuk mewujudkan cita-cita pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.


Your email address will not be published. Required fields are marked *