READING

PEDULI LINGKUNGAN HIDUP, INSA LESTARIKAN TERUMBU K...

PEDULI LINGKUNGAN HIDUP, INSA LESTARIKAN TERUMBU KARANG

Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (DPP INSA) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) melakukan pelestarian dan transplantasi terumbu karang di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Selasa (28/06/2022).

Cakupan pelestarian terumbu karang seluas 377 M2 dan pembuatan 188 unit substrat dengan memberdayakan masyarakat setempat. Pelepasan substrat dilakukan bersama-sama pengurus DPP INSA, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dan pejabat pemerintah setempat di Kepulauan Tidung.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, CSR ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan pelayaran nasional yang tergabung di INSA terhadap kelestarian dan keberlangsungan lingkungan laut.

Acara INSA Peduli Pelestarian Terumbu Karang, kata Carmelita, merupakan komitmen INSA dalam pelestarian lingkungan hidup, sekaligus menunjukkan dukungan INSA terhadap konsep ekonomi biru serta pembangunan yang berkelanjutan.

“Acara ini tidak semata seremonial CSR, tapi juga merupakan bentuk komitmen INSA untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya laut kita,” kata Carmelita di acara CSR INSA Peduli Kelestarian Terumbu Karang dan Mini gathering INSA Yacht Festival (IYF), Selasa (28/06/2022).

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y Mugijanto. Menurutnya, INSA Peduli Pelestarian Terumbu Karang ini merupakan bentuk kepedulian pengusaha pelayaran nasional terhadap lingkungan di sekitar, terutama terhadap pemulihan ekosistem terumbu karang yang telah rusak di beberapa spot-spot Kepulauan Seribu.

Selain manfaat dari segi lingkungan, sambung Nova, pelestarian terumbu karang pada gilirannya juga berdampak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, karena keindahan biota laut yang terjaga dapat dijadikan objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

“Usaha kita melakukan pelestarian terumbu karang ini bisa berdampak pada kelangsungan hidup berbagai jenis ikan maupun rumput laut, yang bisa dimanfaatkan untuk objek wisata atau dikonsumsi serta dijual sebagai sumber pendapatan dan ekonomi masyarakat,” kata Nova.


Your email address will not be published. Required fields are marked *

insa logo INSA - Indonesian National Shipowners' Association
Jalan Taman Tanah Abang III No.10 RT.3/RW.3 Petojo Selatan
Jakarta
DKI Jakarta 10160
Phone: (021) 3850993 Maps. Exterior insa info 0
Arahan menuju lokasi INSA