READING

KERJA SAMA PEMERINTAH DAN INSA REALISASIKAN PROGRA...

KERJA SAMA PEMERINTAH DAN INSA REALISASIKAN PROGRAM VAKSINASI RIBUAN PELAUT DAN PEKERJA PELAYARAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap 1,500 pelaut dan pekerja Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/06/2021).

“Pagi hari ini kita vaksinasi kurang lebih 1.500 orang, baik pekerja pelabuhan bongkar muat, sopir dan kernet serta pelayan publik lain di Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Presiden saat memberikan keterangan pers yang dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Saat peninjauan vaksinasi, Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hadir pula dalam kesempatan itu perwakilan pengurus DPP INSA.

Menurut Kepala Negara, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan terbesar dan tesibuk di Indonesia, yang melayani penumpang dan barang, baik domestik maupun ocean going. Selain itu, pelabuhan ini merupakan juga infrastruktur penting dalam menunjang pendistribusian logistik di Tanar Air. 

Oleh karena itu, mobilitas orang dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok sangat tinggi, sehingga kemungkinan tertular Covid-19 juga sangat mungkin terjadi.

Presiden berharap, dengan adanya vaksinasi ini, nantinya para pekerja pelabuhan ini akan terlindungi dari virus Covid-19.

Dalam kesempatan itu, presiden juga membagikan paket kenangan untuk sebagian peserta vaksin yang hadir. Ada juga quiz seputar vaksin berhadiah dua sepeda berlogo kenang-kenangan Presiden RI. Suasana riang tersebut mampu memberi semangat bagi Peserta yang sudah menunggu sejak jam 07:00 pagi hari itu.

Sebagai informasi, para pelaut yang berkesempatan divaksin dengan disaksikan presiden diwajibkan menunjukkan hasil tes swab antigen secara tertulis.

Selain di Pelabuhan Tanjung Priok, Presiden Jokowi juga meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Di kedua lokasi ini, vaksinasi dilakukan masing-masing terhadap 1000 orang, baik pekerja transportasi dan pelabuhan maupun bagi pelaku UMKM dan masyarakat di sekitar lokasi vaksinasi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi data dari Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, efektif 23 Juni 2021, atau dua pekan sejak awal program vaksinasi pelaut dan pekerja pelabuhan ini, tercatat sudah 8,509 orang penerima vaksin di Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara di Pelabuhan Sunda Kelapa sepanjang 10-12 Juni tercatat sudah 2,599 penerima vaksin.

PERAN INSA

Pelaksanaan vaksinasi pelaut ini merupakan hasil proses panjang komunikasi yang baik antara DPP INSA dan pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan. Pada 6  Mei 2021, DPP INSA menyurati Kementerian Perhubungan terkait vaksinasi pelaut. Menindaklanjuti hal itu, Kemenhub bersama DPP INSA menggelar rapat pada 19 Mei 2021.

Dalam rapat itu, Kemenhub diwakili Kasubdit Kepelautan Jaja Suparman beserta Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, dr. Hesti Ekawati, sedangkan DPP INSA diwakili Capt.  Johan Novitrian, Nick Djatnika, Lisda Satria dan Dian Imirsyah. Hadir pula perwakilan dari Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) dan CIMA.

Hasil rapat tersebut kemudian menjadi bahan yang disampaikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Presiden RI, Joko Widodo, yang kemudian ditindaklanjuti dengan menggelar Program Vaksinasi untuk 10,000 Pelaut dan Pekerja Pelayaran di Terminal Penumpang Nusantara, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 250 Pelaut yang bekerja untuk perusahaan pelayaran seperti Humpuss Intermoda, Pan Maritime Wira Pawitra, Andhika Lines, dan TEMAS berkesempatan mewakili pelaut nasional yang mendapatkan vaksinasi dan bertemu dengan Presiden RI dan kedua Menteri.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengapresiasi langkah pemerintah dalam memperjuangkan vaksinasi bagi pelaut dan pekerja pelayaran sebagai garda terdepan penggerak logistik nasional.

Carmelita berharap agar selanjutnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan kantor syahbandar   setempat untuk melebarkan program vaksinasi untuk pekerja pelayaran di luar DKI Jakarta.

Di saat bersamaan, Carmelita menyampaikan akan menginstruksikan DPC INSA untuk mendata pelaut dan pekerja pelayaran di daerah agar bisa mendapatkan vaksinasi yang sama.

Program vaksinasi ini merupakan kegiatan kedua setelah sebelumnya Kementerian Perhubungan menggelar vaksinasi untuk mitra kerja kementerian pada Maret 2021 lalu. Pengurus DPP INSA beserta beberapa karyawan perusahaan pelayaran bersama dengan pengurus asosiasi transportasi baik matra darat dan udara mendapatkan kesempatan untuk divaksinasi.

Vaksinasi bagi pelaut sangat mendesak, mengingat pelaut merupakan kelompok rentan terpapar virus. Kekhawatiran terhadap keselamatan dan kesehatan pelaut juga semakin menjadi jika pelaut terpapar virus saat sedang berlayar, mengingat fasilitas kesehatan hanya yang tersedia di dalam kapal.

Kekhawatiran itu juga terjadi pada keluarga pelaut, karena mereka akan ditinggal berlayar untuk waktu yang cukup panjang. Sehingga kesehatan dan keselamatan keluarga pelaut juga menjadi pertimbangan agar pelaut segera mendapatkan vaksinasi.

Capt. Johan Novitrian menyampaikan bahwa DPP INSA sudah mengumpulkan database pelaut seluruh Indonesia. Dijelaskan bahwa Kemenhub sudah menerima data sekitar 13,500 pelaut yang bekerja untuk perusahaan anggota INSA. Ini merupakan data pertama yang diserahkan dari sekitar 104 perusahaan anggota INSA atau baru sekitar 10% dari total keseluruhan anggota INSA yaitu 1200 perusahaan pelayaran.

Selanjutnya, dia akan meminta kepada seluruh perusahaan anggota INSA untuk segera mengirimkan data pelaut untuk program ini.

Dalam mengumpulkan data pelaut ini, lanjut Capt. Johan, INSA menghadapi tantangan dimana domisili pelaut, jenis kapal yang menjadi tempat kerja dan jadwal istirahat pelaut berbeda satu sama lain. Sehingga cukup kompleks bila pelaut bisa disatukan dalam waktu yang sama untuk mengikuti program ini. Namun, dia akan tetap terus berkoordinasi dengan pemerintah agar semua pelaut dapat menerima vaksin dalam segala kesempatan. (*)


Your email address will not be published. Required fields are marked *

insa logo INSA - Indonesian National Shipowners' Association
Jalan Taman Tanah Abang III No.10 RT.3/RW.3 Petojo Selatan
Jakarta
DKI Jakarta 10160
Phone: (021) 3850993 Maps. Exterior insa info 0
Arahan menuju lokasi INSA