READING

INSA Dorong Pengembangan Potensi Maritim di Dumai

INSA Dorong Pengembangan Potensi Maritim di Dumai

Jakarta, INSA – Sebagai negara kepulauan, sektor maritim memiliki peran penting untuk dijadikan sumber ekonomi baru bagi Republik ini demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Selain di kota-kota besar, pembangunan dan pengembangan industri maritim di kota-kota kecil juga perlu dilakukan mengingat potensi maritim di daerah tersebut begitu besar.
Seperti halnya di Dumai, kota yang terletak di pesisir pantai ini sudah selaiknya dikembangkan potensi maritimnya lantaran memiliki kekayaan laut dan jalur pelayaran yang sangat strategis. Tentunya, dukungan pemerintah pusat dan stakeholder sangat diperlukan untuk merealisasikan berbagai potensi maritim di wilayah tersebut.
Pada Seminar Kemaritiman Nasional di Kota Dumai, Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, potensi maritim Kota Dumai perlu dikembangkan untuk memicu pertumbuhan ekonomi nasional dan pendapatan daerah.
“Pengembangan potensi maritim di daerah merupakan bagian penting guna mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara poros maritim,” ungkap Carmelita.
Disebutkan Carmelita, wilayah Dumai yang strategis memiliki arti penting untuk mendorong kemajuan sektor maritim nasional yang mampu dijadikan tumpuan ekonomi Indonesia di masa depan. Rencana pemerintah pusat menempatkan sejumlah proyek nasional dan tol laut di Dumai merupakan anugerah untuk daerah dan harus disikapi dengan lebih meningkatkan jasa dan pelayanan di kepelabuhanan secara efektif dan efisien.
Carmelita mendorong pengurus INSA pusat dan di seluruh daerah untuk mendukung program poros maritim dan meningkatkan sinergi dengan pemerintah setempat supaya pelaksanaan transportasi laut berjalan baik dan kondusif. Menurutnya, kemudahan pelayanan dalam transportasi laut harus ditingkatkan oleh pelaku usaha bersama stakeholder atau instansi terkait agar potensi dapat dikelola secara optimal.
“Seluruh pengurus INSA pusat dan daerah diharapkan dapat saling berkontribusi pemikiran dan konsep dalam menyukseskan program poros maritim nasional dan pengembangan potensi kemaritiman untuk jasa dan pelayanan,” ujarnya.
Walikota Dumai, Zulkifli AS mengapresiasi pelaksanaan seminar nasional kemaritiman oleh INSA dan berharap dapat menggali potensi dan mengoptimalkan demi kemajuan daerah dan pertumbuhan ekonomi nasional.
“Kontribusi pelaku usaha di kemaritiman sangat potensial guna mendukung maju pembangunan daerah dan ekonomi, karena itu dengan seminar ini nantinya diharap ada kesimpulan strategis untuk optimalisasi potensi dan kekayaan laut,” kata Zulkifli.
Seminar Nasional Kemaritiman bertema Kota Dumai dalam Lintasan Poros Maritim Indonesia ini dihadiri perwakilan Gubernur Riau, Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Ketua umum Organda, unsur pimpinan daerah, Kadin, BUMN BUMD dan swasta serta berbagai organisasi masyarakat.


Your email address will not be published. Required fields are marked *