READING

INSA DI COFFEE MORNING POLTEK PELAYARAN SURABAYA

INSA DI COFFEE MORNING POLTEK PELAYARAN SURABAYA

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto menjadi pembicara pada acara Coffee Morning yang digelar Potlek Pelayaran Surabaya pada Selasa (24/ 11/2020).

Dalam kesempatan itu, Carmelita menjelakan kondisi pelayaran nasional yang saat ini tengah mengalami sejumlah tantangan, mulai dari Covid-19, flukutuasi harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, hingga masih belum berdaya saingnya pelayaran nasional.

Tantangan-tangtangan ini memberikan tekanan terhadap kinerja pelayaran nasional. Kinerja pelayaran yang tertekan ini sedikit banyak akan berdampak pada industri atau sektor terkait lainnya, salah satunya menyangkut serapan kerja terhadap SDM pelayaran. 

Meski demikian, kata Carmelita, para taruna yang kini tengah menempuh pendidikan tidak boleh berkecil hati. Karena lulusan sekolah pelayaran memiliki banyak peluang untuk berkarya.

Jika belum mendapatkan kesempatan menjadi awak kapal, para lulusan sekolah pelayaran dapat bekerja di perusahaan-perusahaan pelayaran, di biro klasifikasi, perusahaan salvage, bekerja di galangan dan reparasi kapal atau di pelabuhan, dan masih banyak lainnya.

Di akhir paparannya, Carmelita juga memberikan saran dan masukan bagi sekolah pelayaran dan SDM pelaut.

Misalnya, sekolah pelayaran diharapkan memberikan Memberikan pelajaran ekstra bahasa dan pendidikan attitude, sekaligus bekerjasama dengan stakeholder lainnya untuk mencetak pelaut siap pakai.

Sementara para taruna di antaranya, diharapkan memiliki attitude dan integritas yang tinggi, memiliki kemampuan yang dibutuhkan industri serta berorientasi world wide. (*)


Your email address will not be published. Required fields are marked *

insa logo INSA - Indonesian National Shipowners' Association
Jalan Taman Tanah Abang III No.10 RT.3/RW.3 Petojo Selatan
Jakarta
DKI Jakarta 10160
Phone: (021) 3850993 Maps. Exterior insa info 0
Arahan menuju lokasi INSA