READING

INSA Bekerja Sama dengan Mare Forum Gelar Forum Di...

INSA Bekerja Sama dengan Mare Forum Gelar Forum Diskusi Tentang Shipping Industry di Indonesia dan Global

Jakarta, INSA – Untuk kedelapan kalinya,  Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) menyelenggarakan seminar bersama dengan Mare Forum di Hotel DoubleTree pada Rabu 23 November 2016. Mare Forum adalah penyelenggaraan konfrensi internasional di bidang maritim yang membicarakan perkembangan maritim dunia dan negara-negara bersangkutan di mana konfrensi itu diselenggarakan.
Konfrensi yang kali ini bertema “Building Maritime Power” dihadiri oleh para pemangku kepentingan di bidang maritim, yakni shipping finance, ship owner, lembaga riset, galangan, klasifikasi dan para analisis baik internasional maupun nasional.
Penyelenggaraan konfrensi dengan tema “Building Maritime Power” dirasa tepat dengan program pemerintah Indonesia yang sedang gencar membangun ekonomi maritim bersama infrastrukturnya.
Dalam kata sambutannya, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menyampaikan apresiasinya terhadap seminar dan kepedulian dunia internasional mengenai pengembangan maritim di Indonesia.
Salah satu topik menarik yang dia bahas adalah akan kemana shipping industry di Indonesia dan global internasional mengarah.  Dibahas di dalamnya membicarakan market commodity ke depan. “Hal ini cukup menarik di tengah terpuruknya shipping industry internasional akibat global resesi ekonomi,” ujarnya.
Dia juga membahas, pada kalangan perbankan perlu membuat suatu analisa akan kemana dana akan diinvestasikan untuk dunia maritim dan masa depan tren serta inovasi perkapalan. “Apakah energi LNG bisa diterapkan di perkapalan Indonesia?”
Hal menarik lainnya dalam konfrensi ini terkait masa depan kepariwisataan maritim di Indonesia.  Kehadiran Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam forum ini memaparkan mengenai potensi kepariwisataan di bidang maritim yang sedang digalakkan di Indonesia sebagai bagian dari poros maritim. Infrastruktur pembangunan sarana dan prasarana bagi kapal pesiar asing yang mendatangi segenap pelosok daerah di Indonesia perlu dibangun dengan standar internasional untuk menarik wisatawan.
Hasil diskusi ini diharapkan akan membantu Indonesia dalam membangun ekonomi maritim dengan segenap tantangannya.


Your email address will not be published. Required fields are marked *