READING

Lebih Mudah, Cepat dan Praktis dengan E-Port

Lebih Mudah, Cepat dan Praktis dengan E-Port

Surabaya – Dalam rangka peningkatan dan percepatan pelayanan transaksional di pelabuhan serta untuk mendukung penggunaan uang elektronik seiring dengan dikeluarkannya kebijakan Pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) tentang pengurangan penggunaan uang tunai atau cashless, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berkomitmen untuk kembali menggalakkan penggunaan e-Port di lingkungan Pelabuhan yang dikelolanya.

Pada Rabu (23/8), kembali dilakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “Disamping mendukung kebijakan pemerintah, penggunaan e-Port juga untuk mempermudah dan mempercepat akses pengguna jasa untuk masuk ke area Pelabuhan” ungkap Fernandes Ginting, Kahumas Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Menurutnya, dengan sistem cashless dan beralih menggunakan uang elektronik ini masuk ke pelabuhan akan lebih mudah, cepat dan praktis.

Konsep e-Port merupakan salah satu bentuk transformasi layanan Pelindo III dari sistem manual ke digital. Dalam mengimplementasikan e-Port tersebut, Pelindo III telah menggandeng pihak perbankan yang selama ini sudah bekerjasama pada segmen bisnis kepelabuhanan.

Penggunaan e-Port sendiri hampir sama dengan penggunaan uang elektronik lainnya, selain dapat digunakan untuk akses keluar masuk pelabuhan dan jalan tol, juga dapat digunakan sebagai alat transaksi di toko – toko tertentu. Serta untuk keperluan isi ulangnya dapat dilakukan secara mandiri melalui mesin-mesin ATM bertanda khusus, customer service bank yang ditunjuk, toko-toko tertentu dan bahkan melalui aplikasi Smartphone.

Selain dapat diperoleh di Bank Mandiri dan BNI, kartu e-Port juga disediakan langsung di Divisi Aneka Usaha dan Properti Pelabuhan Tanjung Perak dimana pada tempat tersebut sudah terdapat petugas Pelindo III yang siap membantu dan menjelaskan terkait dengan penggunaan e-Port.

Menariknya, untuk periode tanggal 1 sampai dengan 30 September 2017 bagi setiap orang dan kendaraan yang memasuki kawasan pelabuhan Tanjung Perak dengan menggunakan kartu e-Port akan diberikan “Potongan tarif tanda masuk (PAS) pelabuhan sebesar 10%” lanjut Ginting.

Dengan implementasi program baru ini, Manajemen Pelindo III berharap setiap orang dan kendaraan yang masuk di area pelabuhan mulai beralih untuk menggunakan uang elektronik. Sehingga sesuai target diharapkan mulai tanggal 1 Oktober 2017 semua orang dan kendaraan yang masuk ke area Pelabuhan Tanjung Perak sepenuhnya menggunakan e-Port.(*)


Your email address will not be published. Required fields are marked *