READING

Penandatangan MoU antara INSA dan BPSDM

Penandatangan MoU antara INSA dan BPSDM

Jakarta, INSA – Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU/nota kesepahaman) Coorporate Social Responsibility (CSR) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Keduanya sepakat mengenai Program Pengentasan Kemiskinan Melalui Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Kepelautan Siap Kerja

Dalam penandatanganan kesepahaman itu dilakukan di DPP INSA yang berlokasi di Jalan Tanah Abang III No 10. Jakarta Pusat, Rabu (22/02/2017). Dalam hal ini INSA diwakili Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto sedangkan dari BPSDM diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum.

Adapun dalam penandatanganan tersebut dihadiri beberapa pengurus INSA seperti Wakil Ketua Umum (WKU) 1 INSA Capt. Witono Soprapto, Wakil Sekertaris Umum 1 Capt. Otto Caloh, WKU INSA 4 Capt. Soeharyo Sangat, Sekertaris Umum Budhi Halim, dan Kabid. Pengembangan SDM/Pelaut Lisda Y. Satria.

Perwakilan dari Kementerian Perhubungan Plt. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Capt. Marihot Simanjuntak MM, dari BP2IP Tangerang Sultan, Kasie Penyelenggaraan Pendidikan BPPTL Jakarta, Mu’man, Kasie Kerjasama BP3IP P. Dwikura. S, PPSDMPL Giri Atmoko, perwakilan STIP Jakarta Antoni A.P, Titis, dan Vidya Selasdini.

Dalam Nota Kesepemahaman ini merupakan wujud komitmen INSA dan BPSDM untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Peningkatan DIKLAT Kepelautan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dunia insudtri dibidang kemaritiman.

Ruang lingkup nota kesepahaman ini diantaranya memberdayakan usia produktif dari kalangan ekonomi menengah ke bawah melalui Program Diklat Kepelautan Siap Kerja. Lalu, memberikan prioritas kepada siswa – siswi yang mengikuti Program Diklat Kepelautan Siap Kerja, untuk melaksanakan praktek berlayar atau bekerja di perusahaan pelayaran anggota INSA sesuai dengan kebutuhan, serta standar dan prosedur yang berlaku dimasing-masing perusahaan pelayaran anggota INSA.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, adanya penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan pengusaha pelayaran nasional yang tergabung di INSA dapat memberikan sumbangsih yang lebih konkrit kepada pemerintah dengan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.


Your email address will not be published. Required fields are marked *